Sorotan

2.522 Pekerja di Tambrauw Terima Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Kapabar – Melalui program Torang Jaga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (PBD) bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Papua Barat memberikan perlindungan kepada 2.522 pekerja bukan penerima upah yang berada di Kabupaten Tambrauw.

Perlindungan 2.522 pekerja bukan penerima upah itu diserahkan secara simbolis oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad kepada Pj Bupati Kabupaten Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu dalam bentuk kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan pada Dirgahayu ke 15 tahun Kabupaten Tambrauw, Kamis (2/11).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat Nasrullah Umar mengatakan, Pemprov PBD sangat peduli dengan tenaga kerja khusus tenaga kerja informal yang ada di wilayah PBD melalui program Torang Jaga.

“Bahkan, pada tahun 2024 mendatang, Pemprov PBD akan menambah perlindungan menjadi 70.000 orang dari sebelumnya 50.104 orang,” kata Nasrullah kepada Kapabar di kantornya, Jumat (3/11).

Diakui Nasrullah, dalam program Torang Jaga, Pemprov PBD dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat akan menyasar pekerja yang belum terlindungi dalam jumlah 50.104 seperti petani, nelayan, ojek, mama-mama pedagang pasar, pedagang kaki lima dan lain sebagainya.

“Sejauh ini, ada dua daerah atau kabupaten yang masih minim perlindungan BPJS Ketenagakerjaan yakni Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Sorong Selatan,” terang Nasrullah.

Oleh sebab itu, sambung pria yang berasal dari Palopo itu, pihaknya akan lakukan komunikasi dengan pemerintah daerah setempat karena ini merupakan satu kewajiban serta amanah yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 dan Inpres Nomor 2 Tahun 2021.

“Dimana, dalam Inpres itu sudah dijabarkan bahwa pemerintah fokus dalam perlindungan sosial tenaga kerja dan pemberantasan kemiskinan ekstrim. Dua Inpres ini sangat bersinggungan untuk perluasan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui pemerintah daerah,” tuntasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds