Uncategorized

BPJS Kesehatan Sosialisasi Pentingnya Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Kapabar – Pentingnya pemeriksaan rutin untuk mendeteksi penyakit kanker leher rahim sejak dini, BPJS Kesehatan Cabang Sorong memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim pada anggota Polri dan istri yang tergabung dalam persatuan Ibu Bahayangkari di Polres Sorong, Jumat (21/7).

Dalam kegiatan tersebut BPJS Kesehatan menghadirkan narasumber dr.Gomer Sp.OG, para peserta mendapatkan informasi mendalam mengenai risiko kanker leher rahim, faktor-faktor pemicu, gejala awal yang perlu diwaspadai, serta metode deteksi dini yang dapat dilakukan.

Pada kegiatan tersebut diawali dengan senam sehat bersama, kemudian peserta JKN diberi penjelasan tentang prosedur pemeriksaan Pap smear dan tes HPV yang merupakan langkah awal dalam mengidentifikasi adanya perubahan sel yang berpotensi menjadi kanker.

“Tes nya dijamin BPJD Kesehatan, dengan melampirkan Surat Pengantar dari Dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu dalam sambutannya.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberikan informasi mengenai manfaat perlindungan kesehatan yang mereka sediakan, termasuk fasilitas pemeriksaan dan pengobatan terkait kanker leher rahim.

Syarat pemeriksaan Papsmear yaitu usia >15 tahun, sudah pernah berhubungan seksual, tidak dalam kondisi hamil dan menstruasi, tidak berhubungan dalam waktu 48 jam sebelum pemeriksaan

“Pap Smear di Kota Sorong dapat dilakukan di Laboratorium Prodia Sorong,” sambung Yoga.

Melalui sosialisasi ini, Yoga berharap, masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan melakukan pemeriksaan rutin guna mencegah perkembangan kanker leher rahim yang dapat dicegah.

Dengan upaya ini, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Indonesia dengan mengajak wanita indonesia mendeteksi dini kanker leher rahim.

“Hal ini menjadi salah satu langkah proaktif yang dapat membantu mengurangi angka kejadian penyakit tersebut dan memperpanjang harapan hidup bagi banyak wanita, kami mengajak dan menghimbau wanita indonesia untuk rutin memeriksakan ke fasilitas kesehatan guna mendeteksi dini kanker leher rahim untuk Indonesia yang lebih sehat,” tutup Yoga. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button