Sorotan

SKK Migas – Petrogas (Island) Ltd. Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan dan Percepatan Perbaikan Gizi

Kapabar – SKK Migas – KKKS Petrogas (Island) Ltd. bersama Pemerintah Kabupaten  Sorong melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Kesehatan yang berlangsung di Balai Kampung Maralol, Distrik Salawati Tengah, Selasa (21/3).

Antusias masyarakat dari Kampung Maralol mengikuti serangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan, serta pemeriksaan kesehatan mata bagi lansia, juga bagi balita dan ibu hamil diadakan kegiatan percepatan perbaikan gizi. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pendukung Operasional (PPO) di wilayah kerja Petrogas (Island) Ltd.

Pemerintah Kabupaten Sorong dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Bapperlitbang Kabupaten Sorong, Agata Tenau menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakannya kegiatan PPM Kesehatan ini.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Sorong saya mengucapkan terima kasih kepada Petrogas (Island) Ltd. yang sudah banyak membantu dengan menjalankan kewajiban sosialnya di area ring 1 wilayah operasi ini,” ujarnya.

Pada kegiatan yang sama, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku Subagyo, menyampaikan bahwa PPM merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial dari SKK Migas – KKKS Petrogas (Island) Ltd untuk mendukung aktivitas masyarakat, serta berupaya menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesehatan di area Ring 1 Kampung Maralol, Distrik Salawati Tengah, Kabupaten Sorong.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku juga mengapresiasi kegiatan PPM Bidang Kesehatan yang mana SKK Migas – KKKS Petrogas (Island) dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong. Menurutnya SKK Migas – KKKS Petrogas (Island) Ltd. tidak hanya mendukung dalam bidang kesehatan saja, tetapi juga dalam bidang pendidikan, infrastruktur, ekonomi dan lingkungan.

Sementara itu, Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Ricky Tri Yuandi Syarifuddin berharap dilaksanakannya PPM Bidang Kesehatan ini dapat terus membantu dan mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong, dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan percepatan perbaikan gizi bagi balita dan ibu hamil, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat di Kampung Maralol ini,” harap dia.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat di Kampung Maralol memeriksakan kesehatan mereka melalui Pemerikasaan Penyakit Tidak Menular, seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, dan indeks massa tubuh. Kemudian, masyarakat juga dapat mengikuti konsultasi lanjutan dengan dokter dari Puskesmas Sailolof.

Sementara untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Sorong dalam upaya Percepatan Perbaikan Gizi, pada kegiatan ini dilakukan bimbingan teknis kepada kader posyandu yang nantinya akan mendampingi ibu hamil dan balita yang mengalami kurang gizi di Kampung Maralol. Intervesi dalam bentuk pendampingan ini guna pemulihan kualitas gizi bagi ibu hamil dan balita.

Selain melaksanakan dua program dukungan kesehatan, Petrogas (Island) Ltd. dalam kegiatan ini juga menyampaikan dukungan bagi Puskesmas Sailolof berupa peralatan pendukung tenaga medis seperti alat pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), kacatama baca, serta paket makanan tambahan dan susu.

Petrogas (Island) Ltd sebagai operator Wilayah Kerja Salawati merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang dalam melaksanakan operasinya berada dalam pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

Turut hadir pada pelaksanaan kegiatan ini, Kepala Bapperlitbang Kabupaten Sorong yang diwakili oleh Kepala Bidang Perekonomian dan SDA, Agata Tenau; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong yang diwakili oleh Kepala Bidang Gizi, Mustika Ahmad; Kepala SKK Migas Perwakilan Wilayah Papua dan Maluku yang diwakili oleh Dolmince Karsau; Kepala Puskesmas Sailolof, Zihan Thamrin; Kepala Kampung Maralol yang diwakili oleh Bendahara Kampung Maralol, Mathias Wehminit.*AZS

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds