Sorotan

BPJamsostek Sosialisasi dan Koordinasi Dengan Polda Papua Barat 

Kapabar – Sebagai bentuk menindaklanjuti kerja sama, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek) Papua Barat melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan jajaran Polda Papua Barat di Swiss-Belhotel Sorong, Selasa (14/2).

Kepala BPJamsostek Cabang Papua Barat, Nasrullah Umar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi dan koordinasi itu merupakan satu kegiatan yang menjadi tndaklanjut kerja sama yang dilaksanakan oleh BPJamsostek Pusat dan Polri.

“Kerja sama ini termasuk dalam hal pertukaran data informasi di masyarakat, terkait kepesertaan BPJamsostek maupun sosialisasi terhadap masyarakat, baik itu pekerja mandiri atau pekerja penerima upah,” kata Nasrullah Umar.

Dikatakan Nasrullah Umar bahwa dalam BPJamsostek terdapat dua kategori pekerja yaitu pekerja mandiri dan pekerja penerima upah.

“Namun untuk sisi jaminan sosialnya untuk ASN dan TNI/Polri itu sudah ditangani oleh BPJS Kesehatan, PT. Taspen dan ASABRI. Namun untuk sektor swasta dan pekerja mendiri, itu kewajibannya ada di BPJamsostek,” terang Nasrullah Umar.

“Secara Undang-Undang (UU) seluruh pekerja yang ada di Indonesia itu wajib menjadi peserta BPJamsostek. Lalu, kalau kita UU turunannya untuk sektor swasta itu ada denda Rp. 1 milyar atau kurungan  satu tahun,” ungkapnya.

Namun, sambungnya,  pihaknya sekarang sedang fokus mengurus perusahaan yang tidak patuh terhadap kewajibannya dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Di Kota Sorong sendiri, kami sudah dua kali mengadakan pertemuan dengan Babinkamtibmas dan syukur saya lihat share foto di grup itu sudah berjalan yang dibarengi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya program BPJamsostek,” terangnya.

Dia mengakui, sebagai contoh, perusahaan pelayaran kapal cepat di Kota Sorong bernama PT. Belibis Putra yang sempat menunggak pembayaran iuran kepesertaannya, namun bisa terselesaikan karena bantuan pihak kepolisian.

“Untuk penyuluhan-penyuluhan di Kota Sorong hampir setiap hari tim kami dan tim Polresta Kota Sorong sudah berjalan berbarengan, semoga tetap terjaga hubungan baik ini kedepannya. Hal ini patut diberikan aplaus kepada pihak kepolisian, terima kasih banyak untuk kerja samanya,” tandasnya.

Sementara itu, mewakili Kapolda Papua Barat, Kabag Ops Kerma Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey mengucapkan rasa terima kasih kepada BPJamsostek Cabang Papua Barat, karena telah memfasilitasi sehingga kegiatan sosialisasi dan koordinasi bisa berlangsung dengan lancar dan aman.

“Ini luar biasa, bahkan berkat kegiatan ini, kami bisa merasakan nikmatnya tinggal di hotel mewah. Kalau tanpa kegiatan ini, tidak mungkin kami disini, mungkin tinggal di hutan-hutan yang jauh dan tidak ada signal. Jadi, BPJamsostek ini luar biasa,” katanya sambil bekelakar.

Mathias meminta dukungan dari anggota kepolisian di seluruh wilayah Papua Barat  dan Papua Barat Daya agar mendukung dan membantu mensukseskan program kerja BPJamsostek.

“Ini yang saya titip, buat teman-teman, senior-senior dan bapak-bapak yang ada saya hormat, tolong bantu, tolong dukung, kita bahu-membahu dengan BPJamsostek,” tandasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button