Seni Budaya

Chikita Tanati : Perempuan Papua Jangan Mudah Menyerah

Kapabar – Terinspirasi dari kisah hidup sang ibunda tercinta, Eda Doo, Putri Pariwisata Indonesia Papua Barat, Chikita Febrilia Tanati sukses mensutradarai film pendek berjudul Perempuan Tanah.

Film Perempuan Tanah diproduksi pada tahun 2020 di Desa Malaumkarta, Kabupaten Sorong, Papua Barat itu berkisah tentang gigihnya seorang mama-mama Papua dalam mendidik dan membesarkan anaknya hingga berhasil mencapai cita-citanya.

“Hadirnya sosok mama Eda Doo dalam kehidupan saya pribadi, membuat saya bisa melihat bahwa ini ada pahlawan yang tak bersayap itu ada di saya punya hidup. Dan mama punya kisah hidup jadi inspirasi buat saya yang akhirnya menulis bahkan juga membuat film Perempuan Tanah ini,” ujar Chikita kepada awak media usai pemutaran film Perempuan Tanah di Cinema XXI Ramayana Sorong, Selasa (13/9).

Chikita mengatakan, melalui film Perempuan Tanah, dirinya juga ingin mengangkat tentang keindahan panorama alam, laut hingga hutan di Papua Barat.

“Lalu, bagaimana mama nokok sagu, produksi sagu sampai bisa dijual. Bahkan dari situ mereka bisa menyekolahkan anak. Hal ini menunjukkan peran perempuan dalam dunia pariwisata. Jadi pariwisata bukan tentang keindahan alam Papua, tapi paling penting bagaimana tentang keterlibatan perempuan Papua,” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan, untuk perempuan Papua jangan mudah menyerah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. “Karena kita punya bahu diciptakan untuk bekerja keras. Tapi pasti kalian tidak sendiri, karena banyak orang-orang di luar sana, terutama tokoh perempuan yang support, serta ingat selalu andalkan Tuhan,” tandasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds