Pendidikan

SMK Negeri 1 Sentani dan Astra Motor Papua Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian Siswa Jurusan TBSM

Kapabar – SMK Negeri 1 Sentani sebagai salah satu SMK mitra binaan dari Main Dealer Astra Motor Papua, telah melaksakan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian bagi siswa kelas XII jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari (6-8 Mei 2024) dan ditutup pada 10 Mei 2024 ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam merawat dan memperbaiki sepeda motor dengan standar dunia industri.

Technical Instruktur Astra Motor Papua Harjito menjelaskan bahwa Astra Motor Papua selaku pembina SMK Negeri 1 Sentani akan selalu mendukung kegiatan UKK yang diselenggarakan sekolah agar dapat sejalan dengan perkembangan teknologi dunia industri khususnya teknologi sepeda motor Honda.

“Kami Astra Motor Papua Kembali hadir dalam kegiatan pengembangan dan implementasi kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk memberikan dukungan standar teknis dan penguji untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini,” ungkap Harjito melalui pres rilisnya, Jumat 10 Mei 2024.

Dalam kegiatan tersebut terdapat 2 asessor uji kompetensi keahlian dari dunia industri
diantaranya dari Technical Instruktur Main Dealer Harjito dan Kepala Mekanik Astra Motor Sentani Muhammad Nurkozin. Selama proses uji kompetensi berlangsung, para penguji memberikan pengawasan dan bimbingan kepada siswa untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan standar dunai Indsutri.

Sebanyak 25 siswa kelas XII sangat antusias dalam megikuti kegiatan Uji Kompetensi Keahlian ini, materi yang di ujikanpun mencakup beberapa aspek penting dalam teknik sepeda motor, diantaranya perbaikan dan pemeriksaan sistem pengereman, sistem transmisi otomatis (CVT), Sistem Karburator, Sistem Kemudi, Sistem Pengisian Baterai, dan cara mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI.

Dengan kegiatan tersebut, siswa diharapkan dapat menunjukkan pemahaman mendalam dan keterampilan mereka dalam mengatasi tantangan yang akan dihadapi dalam pekerjaan seharihari di industri sepeda motor kelak.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Program Studi (Kaprodi) TBSM Prasetyo, ST menyampaikan pentingnya pelaksanaan Uji Kompetensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja.

“Pelaksanaan uji kompetensi ini sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah kami, oleh karena itu kami berterima kasih atas dukungan dari Main Dealer Astra Motor Papua dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian ini, semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk mendukung pendidikan vokasi di SMK Negeri 1 Sentani,” pungkas Prasetyo. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds