Terkini

Tiga Ketua DPW Partai Tidak Lolos DPR Papua Barat Daya

Kapabar – Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 lalu mengisahkan banyak tanda tanya karena tiga orang politisi yang menjabat sebagai ketua partai untuk tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tidak lolos sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Papua Barat Daya.

Berikut rangkuman dari Kabar Papua Barat, pada Selasa 19 Maret 2024 menyajikan tiga ketua DPW partai yang tidak lolos sebagai Anggota DPR Papua Barat Daya :

1. Syafruddin Sabonnama

Dikukuhkan sebagai Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Papua Barat Baya pada tanggal 12 April 2023 yang lalu, tercatat sebagai petahana dari Anggota DPRD Kota Sorong periode 2019-2024.

Sabon, begitu sapaan akrabnya diwajibkan bertarung sebagai Calon Anggota DPRD Papua Barat Daya, sebab jabatannya yang diemban sebagai kader PAN nomor satu di Papua Barat Daya.

Turun bertarung di daerah pemilihan (Dapil) Sorong Kota 1 yang meliputi 6 distrik, yakni Distrik Sorong Barat, Distrik Malaisimsa, Distrik Sorong kepulauan, Distrik Maladumes, Distrik Sorong dan Distrik Sorong Kota, perjuangannya dan PAN akhirnya harus terhenti di Rapat Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat KPU Papua Barat Daya.

Walau saat itu, keberatan yang di lakukan PAN didukung Hanura membuat KPU Papua Barat Daya membongkar kembali perhitungan suara di sebanyak 121 TPS, namun hal itu tidak juga menghantarkan petahana 2 periode yang sangat aktif dengan kegiatan kemanusiaan ini, untuk melaju memperoleh satu kursi.

Dengan total suara Dapil 1 berjumlah 3.369 Suara, tidak mampu merebut kursi terakhir (ke-8) karena perolehan suara PDI Perjuangan kala itu 3.414 atau selisih sekitar 45 suara.

2. Abdullah Gazam

Merupakan petahana dari Anggota DPR Papua Barat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat amanah baru pada tanggal 26 Desember 2022 sebagai Ketua DPW PKB Papua Barat Daya.

Senada dengan rekan sejawatnya Syafrudin Sabonnama, Abdullah Gazam juga sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan social kemasyarakatan, di bidang olah raga pun tak terlepas dari binaan pria yang dulu merupakan aktivis ini.

Turun bertarung di Dapil Kota Sorong 2 yang yang meliputi 4 distrik, yakni Distrik Manoi, Distrik Sorong Utara, Distrik Klaurung dan Distrik Sorong Timur diprediksi pria yang memiliki AG Foundation ini, akan lolos mudah ke parlemen Papua Barat Daya, namun hasil akhir berkata lain, partai bernomor urut 1 miliknya, hanya mampu mengumpulkan suara sebanyak 4.002 masih kalah dengan partai Hanura yang memperoleh kursi terakhir (ke 8) dengan perolehan suara 4.913.

3. Syaiful Maliki

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi melantik Syaiful Maliki Arief sebagai Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Papua Barat Daya pada Jumat 10 Februari 2023 lalu.

Petahana yang masiih tercatat sebagai Anggota DPRD Papua Barat 2019-2024 ini pun akhirnya bertarung di Dapil Kota Sorong 2 yang meliputi 4 distrik, yakni Distrk Manoi, Distrik Sorong Utara, Distrik Klaurung dan Distrik Sorong Timur.

Pria kelahiran Kota Surabaya 24 Juni 1971 ini akhirnya harus tersingkir dari perolehan kursi dapil 2 yang menyediakan sebanyak 8 kursi DPR Papua Barat Daya, jumlah total suara PKS masih lebih baik dari PKB yang mencapai 4.305 suara, namun kembali harus kalah dengan Hanura yang memperoleh kursi terakhir (ke 8) yang berhasil memperoleh total suara 4.913. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds