Sorotan

Layanan Fastra Pertama di Tanah Papua, Buah dari Sinergi PLN-Pertamina EP

Kapabar – PT PLN (Persero) UIW PPB – Pertamina EP resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama Layanan Fasilitas Ekstra untuk Pertamina EP Papua Field dengan disaksikan oleh Kepala SKK Migas Papua Maluku bertempat di Mason Pine, Kota Baru Parahyangan.

Kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama sebelumnya yang telah terjalin, dimana PLN UP3 Sorong mengakuisisi Captive Power Pertamina EP Papua Field Site Klamono sebesar 2.075 kVA pada 15 Mei 2023.

Secara langsung telah mendukung program pemerintah dengan turut menurunkan emisi karbon sebesar ekuivalen 253 ton CO2 per tahun.

Dengan beralihnya Pertamina EP dari Pelanggan Reguler ke Pelanggan Layanan Fasilitas Ekstra PLN UP3 Sorong, maka seluruh instalasi critical process di Pertamina EP Site Klamono nantinya akan dipasok oleh PLN dengan kriteria keandalan tinggi (anti kedip).

Bagi PLN ini merupakan bentuk sinergi antar BUMN yang saling menguntungkan dan semakin mengukuhkan visi PLN “Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi”.

General Manager (GM) PLN UIW Papua & Papua Barat, Budiono mengungkapkan bahwa keputusan Pertamina EP untuk mempercayakan kelistrikan instalasi sumur produksinya yang memerlukan keandalan tinggi kepada PLN adalah suatu langkah yang tepat.

Disisi PLN, kerjasama ini akan meningkatkan optimalisasi kapasitas energi yang terpasang di Sorong Raya, meningkatkan penjualan serta berpeluang meningkatkan pendapatan Beyond kWh PLN Group.

Dalam memberikan Layanan Fastra, PLN UIW PPB menggandeng Anak Perusahan PLN, PT Cogindo Daya Bersama.

General Manager Pertamina EP, Zulfikar Akbar juga menjelaskan bahwa kerjasama dengan PLN merupakan salah satu cara Pertamina EP Papua untuk meningkatkan kinerja operasi produksi migas dan melakukan efisiensi biaya operasi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala SKK Migas Subagyo yang turut hadir dalam penandatanganan kerjasama mengapresiasi langkah kedua belah pihak untuk saling bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan kemajuan perekonomian dan perindustrian di Tanah Papua, serta berharap agar kerjasama serupa dapat diimplementasi untuk wilayah kerja yang lain. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button