Terkini

Bea Cukai Sorong Selamatkan Nyawa Nahkoda Kapal Sri Lambang

Kapabar – Bea dan Cukai Sorong melalui Pangkalan Sarana Operasi Sorong berhasil menyelamatkan nyawa seorang nahkoda Kapal Tugboat Sri Lambang bernama Musbar (50), warga Borong Bilalang yang sedang sakit keras di perairan Pulau Batanta, Kabupaten Raja Ampat, Senin (24/10).

Kepala Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Sorong, Gerald Prawira mengatakan, pada Senin (24/10) dini hari, timnya melakukan kegiatan patroli laut, kemudian sekitar pukul 3.15 WIT, saat berada di perairan Batanta radio operator menangkap sinyal mayday minta pertolongan dari salah satu kapal tugboat yang mengarah ke Ambon, Maluku.

“Karena memang basenya di Ambon ya. Tugboat ini bawa tongkang juga walau tidak ada muatan, ketika dapat sinyal mayday radio operator langsung menghubungi Kapten Deddy, dan diarahkan untuk segera merapat, rupanya memang ada crew kapal mereka yang sakit keras, kalau dibawa ke Ambon, takut terlambat karena speednya hanya 5 knot dan bisa memakan waktu 4 sampai 5 hari,” jelas Gerald kepada awak media di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Papua, Kota Sorong, Kamis (27/10).

Dikatakan Gerald, akhirnya, mereka putuskan melakukan rescue nakhoda yang sakit berserta tiga crew kapal lainnya untuk dibawa ke Sorong, mengingat jarak tempuh yang lebih dekat dari Batanta. “Sekitar 3 jaman sudah tiba di Sorong. Kami putuskan saat itu juga angkut ke kapal dan bawa ke Sorong. Lalu, crew darat kami mencoba untuk menghubungi perwakilan kapal tugboat itu melalui agennya yang ada di Sorong,” jelas Gerald.

Sekitar pukul 7.45 WIT, sambung Gerald, timnya tiba di Pelabuhan Pelindo Sorong dan langsung membawa nahkoda yang sakit itu ke Rumah Sakit (RS) Pertamina Sorong untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

“Teman-teman ini yang betul-betul melakukan pertolongannya. Waktu tiba di sini, nahkoda itu masih selamat. Indikasinya dia mengalami sakit ayan dan komplikasi. Saat di Sorong dan sudah ditangani langsung oleh perwakilan agennya, kami rasa sudah menyelesaikan tanggung jawab. Karena tim kami masih lanjut patroli kemarin,” sambungnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds