Terkini

Melalui Drama Musikal, KNPI Distrik Sorong Kota Ingin Pemuda Bawa Perubahan

Kapabar – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Distrik Sorong Kota menggelar drama musikal yang melibatkan puluhan remaja dan pemuda setempat, Sabtu (5/6).

Dalam pergelelaran yang berlangsung di Aula Samu Siret, Kota Sorong itu, KNPI Distrik Sorong Kota mengangkat tema drama musikal edukasi hukum, dengan harapan pemuda jangan hanya sebagai penonton perubahan tetapi menjadi pemuda yang ikut dalam bagian perubahan.

Kegiatan tersebut nyatanya mendapat atensi dari kawula muda, dimana mereka sangat antusias dalam mengisi drama musikal bermaterikan kehidupan insan muda yang awalnya dipenuhi hal negatif, sebelum akhirnya sadar dan mau ikut terlibat dalam perubahan di daerah mereka sendiri.

Ketua KNPI Distrik Sorong Kota, Jefry Baru mengatakan drama musikal yang pihaknya gelar mengangkat 3 materi yaitu tentang KDRT, narkoba, dan undang-undang ITE. Lanjutnya, materi tersebut diangkat karena bersentuhan langsung pada masyarakat.

Menurut Jefry, kegiatan seperti demikian harus dimulai dari tingkat distrik karena untuk merangkul dan mengenal semua potensi anak muda haruslah dimulai dari tingkatan yang paling bawah. “Sebelum kegiatan ini berlangsung, kami telah melakukan konsolidasi, yang mana setelahnya kami kemudian mendapatkan komunitas-komunitas di wilayah distrik kami, salah satu Papua Dance For Me,” kata Jefry.

Jefry juga merasa, DPD KNPI harus bisa merangkul komunitas-komunitas yang ada di Kota Sorong sebagai penopang untuk menjalankan roda organisasi. Sambung dia, sehingga KNPI dan komunitas yang ada dapat bergandengan tangan menjaga solidaritas, soliditas, dan integritas terutama dengan prinsip-prinsip kemitraan bersama pemerintah atau lembaga-lembaga lainnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD KNPI Kota Sorong Suleiman Merin mengatakan sesuai dengan permintaan Ir. Soekarno, pemuda harus menjadi penggerak perubahan. Karenanya lanjut Suleiman KNPI selalu senantiasa mendukung kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi kaum muda di Kota Sorong.

“KNPI terus mendukung dan mendorong kegiatan kepemudaan baik yang bersifat sukarela, bersifat donatur, yang bersifat sosialisasi, maupun kegiatan-kegiatan lain yang pada intinya memiliki nilainya positif. Yang saya yakini, KNPI terus ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Suleiman.

Di akhir sambutannya Sulemiman menegaskan bahwa DPD KNPI kota Sorong Tidak pernah berbicara politik dan tidak pernah mendukung calon politik manapun. Karena menurut Suleiman KNPI adalah wadah kepemudaan yang profesional tidak benar.

“Saya tegaskan sekali lagi, DPD KNPI Kota Sorong tidak mau terlibat dalam kegiatan politik. KNPI selalu fokus pada kegiatan yang punya tujuan positif dan demi kepentingan kepemudaan serta organisasi,” tuntasnya.*TTS

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds