Kesehatan

UHC Raja Ampat Mudahkan Operasi Ganti Pen Faizal

Kapabar – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat, Faizal Riantoby (43) salah satunya. Faizal yang merupakan peserta Program JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat mengaku sangat terbantu telah terdaftar sebagai peserta JKN.

Saat ditemui di kediaman keluarganya di Kabupaten Sorong, Selasa (24/10), Faizal menceritakan pengalamannya ketika menjalani operasi ganti pen menggunakan kepesertaan JKN miliknya.

Faizal menceritakan, awalnya sekitar tiga tahun yang lalu dirinya sempat mengalami insiden kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang, sehingga dirinya harus menjalani operasi pemasangan pen pada bagian kakinya.

Beruntung saat itu karena berstatus sebagai pekerja, Faizal pun dapat menjalani operasi dengan lancar karena perusahaan tempat dia bekerja patuh untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan terhadap dirinya.

“Kejadian itu terjadi waktu saya sedang merantau di daerah Maluku Utara tepatnya di Kabupaten Halmahera Tengah. Setelah kejadian saya ditangani dan dirujuk untuk mejalani Tindakan operasi di rumah sakit yang ada di Ternate,” ungkap Faizal seperti yang dikutip dalam pres rilis Jamkesnews, Selasa (24/10).

Faizal menjelaskan, setelah kejadian itu semuanya berjalan normal, namun beberapa bulan yang lalu dirinya sempat terjatuh di kamar mandi dan mengalami benturan yang agak keras sehingga menimbulkan rasa sakit pada bagian kaki yang sebelumnya pernah dioperasi.

Setelah sempat beberapa lama terbaring dan hanya dirawat di rumahnya yang berada di Pulau Jefman, Kapupaten Raja Ampat, keluarga pun mengambil keputusan untuk memeriksakan kondisinya di rumah sakit yang berada di Kota Sorong.

Berdasarkan hasil rontgen awal, dokter mengabarkan bahwa pen yang sebelumnya dipasang pada kakinya patah, sehingga harus dilakukan operasi penggantian pen.

“Kata dokter saya harus dioperasi, sempat beberapa kali kontrol dan menunggu karena dokter ahli masih berada di luar daerah, sempat juga timbul kekhawatiran akan biaya yang tinggi saat akan menjalani operasi. Namun setelah mendapatkan informasi dari berbagai pihak dan bantuan moril dari keluarga, ternyata semua biaya operasi dapat dilakukan tanpa biaya karena saya telah terdaftar sebagai peserta JKN, dan BPJS Kesehatan dapat menanggung untuk Tindakan operasi ini,” aku Faizal.

Selama pengobatan di rumah sakit Faizal mengaku tidak ada kendala, semua pihak medis mulai dari dokter sampai suster semuanya ramah dalam memberikan pelayanan tanpa adanya kendala yang berarti.

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu, sehingga operasinya berjalan dengan lancar dengan tanpa adanya biaya.

“Selaku pasien yang sudah merasakan langsung manfaat JKN ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, pihak BPJS Kesehatan dan pihak lainnya. Bersyukur semua proses operasi saya berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Diakhir perbincangan, ia menerangkan betapa pentingnya menjadi peserta JKN, karena dengan adanya Program JKN, dapat memberikan kepastian berobat untuk seluruh masyarakat tanpa perlu memikirkan biaya pengobatan yang tinggi.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki JKN agar segera mengurus, apalagi berdasarkan informasi yang dia peroleh, saat ini pemerintah daerah se Sorong Raya telah mencapai cakupan semesta, sehingga jika terdapat warga yang kurang mampu belum terdaftar sebegai peserta JKN, dapat segera melapor untuk didaftarkan oleh pemerintah daerah sebagai peserta JKN.

“Kepada masyarakat Papua Barat Daya baik itu bapak, mama, ade, kaka yang belum punya BPJS Kesehatan, agar segera lapor dan urus. Jika kedepan tiba-tiba sakit tentu akan sangat membantu meringankan beban berobat kita nanti,” tuntasnya. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button