Kesehatan

Selamat! Klinik Prodens Sorong Raih Juara Dua Kategori Klinik Utama

Berkomitmen Tingkatkan Mutu Layanan JKN

Kapabar – Sebagai upaya peningkatan mutu layanan pada fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia termasuk di Kota Sorong, BPJS Kesehatan gelar Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan Tahun 2023.

Dengan tema “Kolaborasi dalam Transformasi Mutu Layanan yang mudah, cepat, dan setara kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional” menjadi tajuk utama dalam sinergi yang turut melibatkan pemerintah dan pemangku kepentingan kesehatan dari seluruh penjuru negeri.

Sebagai salah satu perwakilan fasilitas kesehatan berkomitmen, Klinik Prodens Sorong berhasil maraih penghargaan juara terbaik dua, sebagai Fasilitas Kesehatan berkomitmen dalam peningkatan mutu layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kategori Klinik Utama tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/10).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu yang ikut mendampingi langsung pemberian penghargaan tersebut mengungkapkan rasa bangganya atas komitmen seluruh fasilitas kesehatan di wilayah Provinsi Papua Barat, khususnya bagi Klinik Prodens.

Setelah melewati berbagai penilaian atas komitmennya menjaga mutu layanan kepada peserta JKN, Klinik Prodens layak meraih capaian tersebut. Sinergi dan kolaborasi bersama mitra fasilitas kesehatan menjadi tonggak keberhasilan dalam menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Ini hasil dari komitmen Klinik Prodens dalam meningkatkan mutu layanannya, semata hanya untuk memberikan kepuasan dan kenyaman yang optimal kepada peserta JKN. Semoga dengan adanya penghargaan ini, akan menambah motivasi Klinik Prodens dan fasilitas kesehatan lainnya untuk berupaya lebih dan tetap konsisten untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi,” ujar Yoga melalui pres rilisnya, Selasa (3/10).

Yoga menambahkan, sebagai langkah Transformasi Mutu Layanan, pihaknya juga terus berupaya bersama para stakeholder terkait untuk memastikan simplifikasi administrasi pelayanan di fasilitas kesehatan berjalan dengan lancar.

Proses administratif yang lebih sederhana, seperti penggunaan KTP saat mengakses layanan kesehatan tanpa perlu fotokopi berkas, alur layanan rujukan yang efisien dan digitalisasi pelayanan dan pengklaiman adalah hal yang harus dilakukan.

“Selain itu, percepatan penyelesaian pengaduan peserta melalui BPJS Satu menjadi langkah proaktif dalam menjawab kebutuhan peserta JKN, seperti yang telah disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan dalam sambutannya tadi. Pelayanan yang mudah, cepat dan setara harus betul terasa ketika masyarakat datang ke fasilitas kesehatan,” terang Yoga.

Setelah menerima penghargaan, Wiwin Napitupulu selaku Perwakilan Kepala Klinik Prodens Sorong menyatakan, raihan ini menjadi batu loncatan untuk terus meningkatkan mutu layanan bagi peserta JKN. Menurutnya capaian yang luar biasa merupakan penghargaan bernilai untuk manajemen dan seluruh petugas di Klinik Prodens yang telah berupaya dengan hati.

“Ini merupakan pengalaman pertama bagi kami dan langsung mendapatkan juara di kegiatan besar seperti ini. Klinik Prodens merupakan Klinik Utama yang sudah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Sorong selama 3 tahun terakhir. Kami bersyukur dapat mewakili Kota Sorong untuk menerima penghargaan ini. Tentu ini capaian yang luar biasa untuk kami,” kata Wiwin.

Wiwin berharap, kedepannya Klinik Prodens dapat semakin semangat untuk melayani Peserta JKN. Pihaknya berkomitmen untuk memperkuat sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik lagi, sehingga pelayanan di Klinik Prodens ini lebih baik.

Sebagai informasi, pada kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan terpilih lainnya yang telah berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan beberapa kategori di antaranya untuk dokter praktik perorangan, dokter gigi, Puskesmas dan klinik pratama.

Kemudian, kategori Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) untuk Klinik Utama, Rumah Sakit Tipe D, Rumah Sakit Tipe C, Rumah Sakit Tipe B dan Rumah Sakit Tipe A. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button