Terkini

Banyak Calon Kandidat Melewati 40 tahun, PA GMNI ; Musda KNPI Papua Barat Langgar UU Kepemudaan

Kapabar – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Papua Barat Yosep Titirlolobi menegaskan bahwa pihaknya siap mengambil langkah hukum bilamana Ketua KNPI Papua Barat terpilih berumur lebih dari 40 tahun.

Yosep mengingatkan dan menyayangkan sikap panitia pelaksanaan Musda KNPI Papua Barat yang telah mengeluarkan salah satu syarat bahwa bakal calon ketua DPD KNPI Papua Barat, boleh berumur lebih dari 40 tahun lebih.

“Batas usia 40 tahun lebih itu acuannya darimana, kalau kita mau mengacu pada AD/ART itu sudah sangat jelas dikatakan batas maksimum untuk maju sebagai ketua KNPI itu minimal usia 40 tahun, bukan umur 43 tahun atau umur 45 tahun. Berdasarkan UU kepemudaan Nomor 40 Tahun 2009 juga mengatakan batas usia untuk maju mencalonkan diri sebagai Ketua KNPI adalah 16-30 tahun,” ujar yosep saat ditemui di Pengadilan Negeri Sorong belum lama ini.

“Kami juga heran kok banyak sekali orang pintar di KNPI Papua Barat yang paham undang-undang tetapi lebih memilih diam. Ini bahaya sekali, konstitusi yang dilanggar tentu akan merugikan pemuda Papua Barat sendiri, dimana regenerasi akan mati. Jangan hanya karena takut kekuasaannya di KNPI hilang, mereka jari menabrak aturan,” sambung Yosep.

Yoseph juga menegaskan bahwa Musda KNPI Papua Barat adalah ajang untuk mereka yang berusia muda bukan ajang orang tua untuk mencalonkan diri.

“Jadi organisasi KNPI itu untuk pemuda, dan mengenai pemuda itu ada aturan perundang-undangan dan dasar hukumnya yang tidak bisa dilanggar. Jadi semua harus mengacu pada aturan yang diatasnya,” ujar Yosep

Lanjut Yosep, Musdah KNPI Papua Barat yang akan di adakan tanggal 10 Maret 2022, seharusnya mematuhi aturan resmi negara yang berlaku agar tak dianggap melawan aturan. Ia juga menyayangkan pelaksanaan Musda KNPI Papua Barat yang telah menggunakan uang negara tetapi pelaksanaanya melanggar aturan undang-undang kepemudaan.

“Perlu diingat bahwa Komite Pemuda Nasional Indonesia adalah organisasi kepemudaan yang awalnya merupakan gabungan kelompok cipayung, tetapi kenyataannya KNPI Papua Barat selama ini vakum padahal puluhan miliar sudah dikucurkan oleh Pemprov Papua Barat selama lima tahun. Sementara kita bisa lihat sendiri, tidak ada program kerja KNPI Papua Barat dan lebih banyak eforia dengan kesibukan masing-masing.

Diketahui bahwa para bakal calon ketua KNPI Papua Barat telah mengambil formulir disekretariat Panitia Musdah IV DPD KNPI Papua Barat, diantaranya :

1. Jois Kambu, SE

2. Ardiles Kareni, S.Hut

3. Suryati Faisal, SH

4. Dr. Sammy DJ.Saiba, M.Si

5. Jeffry J.V Auparay, SH.,MM

Dari 5 kandidat yang telah mengambil formulir, diketahui hanya orang yang umurnya dibawa 40 tahun, dimana sisanya berusia diatas 40 tahun.

Sementara itu berdasarkan berita yang belakangan ini beredar di sejumlah media, pengembalian berkas formulir dan pendaftaran bakal calon Ketua KNPI Papua Barat akan dibuka pada tanggal 24 Febuari 2022 pukul 09.00 WIT dan akan ditutup tanggal 26 Febuari 2022 pukul 21:00 WIT.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds