Terkini

Pasca Dibakar Narapidana, Lapas Kelas IIB Sorong Mulai Dibangun Kembali

Kapabar – Sejak dibakar oleh narapidana pada bulan Agustus 2019 yang lalu, satu persatu bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong mulai dibangun kembali. Teranyar, pembangunan gedung teknis dan adminstrasi Lapas Kelas II B Sorong yang ditandai dengan peletakan batu pertama, mulai dilakukan, Jumat (27/8).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sorong, Gustaf N.A. Rumaikewi mengatakan bahwa Lapas Sorong mendapat jatah 2 bangunan dari Kementrian Hukum dan HAM, yang akan difungsikan sebagai gedung teknis dan adminsitrasi. Namun kata Gustaf, karena terkendala Covid-19 yang kembali merebak, pembangunan harus dilakukan secara bertahap.

“Karena Covid-19 ini, hanya satu bangunan dulu yang dikerjakan untuk tahun ini, yang satunya lagi akan dibangun tahun depan,” jelas Gustaf yang ditemui usai peletakan batu pertama tersebut.

Menurut Gustaf, bangunan teknis yang akan segera dibangun, direncanakan rampung pengerjaannya pada akhir tahun. “Ini kan bangunannya 2 lantai, kalau sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, pembangunannya akan rampung paling di tahun ini,” terang Gustaf sembari memperkirakan pembangunan gedung baru Lapas Sorong tersebut menelang anggaran Rp 8 miliar.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat Piet Bukorsyom mengharapkan, gedung kantor Lapas Sorong bisa dibangun dengan baik dan dapat memenuhi syarat.
“Pembangunan harus dikawal agar bisa selesai tepat waktu. Pengamanan harus dijaga dengan baik, agar proses pembongkaran dan pembangunan dapat terlaksana juga dengan baik,” tuntas Piet.*TTS

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds