Ekonomi Bisnis

Indah Batik Papua Cocok Jadi Oleh-Oleh

Kapabar – Jika anda berkunjung ke Tanah Papua, khususnya Kota Sorong, bingung mencari oleh-oleh atau buah tangan yang dapat dibawa pulang ke kampung halaman, sepertinya anda harus mengunjungi Indah Batik Papua.

Karena, Indah Batik Papua yang beralamat di Jalan DR. Sam Ratulangi, Kampung Baru, Sorong Barat itu anda bisa menemukan oleh-oleh yang tepat, berupa kain batik dengan motif dan nuansa Papua.

“Disini kami menyediakan dia jenis kain batik yakni batik cetak dan batik tulis dengan bahan katun dan tisu,” kata Karyawan Indah Batik Papua, Dila kepada Kapabar, Kamis (25/8).

Dikatakan Dila, batik cetak dan batik tulis mempunyai perbedaan dari segi pembuatannya. “Kita tahu sendiri kalau batik cetak itu menggunakan mesin. Sedangkan batik tulis itu manual atau hasil karya. Sehingga dari segi pewarnaan pun lebih modern dan lebih cerah,” jelas Dila.

Soal harga, lanjut Dila, pihaknya membandrol batik cetak mulai dari Rp. 40 ribu sampai Rp. 60 ribu per meternya. “Sedangkan batik tulis kami jualnya per potong. Sepotong kain yang ukuran 3 meter kami hargai Rp. 360 ribu,” ungkapnya.

Dia menerangkan, untuk motif batik, mereka menawarkan beragam motif dengan nuansa Papua seperti tifa, ornamen Asmat, cendrawasih, honai, rumah kaki seribu bahkan kapak batu. “Karena batik Papua cuma ada di Papua saja. Jadi, cocok sekali dijadikan oleh-oleh. Disini, kami juga punya produk jadi, diantaranya blus, terusan, kemeja, hingga kaos. Pokoknya lengkap,” tukasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds