Terkini

Dua Anak Papua Jabat Ketua Dan Wakil Ketua Kompartemen DPP PA GMNI

Kapabar –¬† PA GMNI Papua Barat telah merekomendasikan dua anak Papua alumni GMNI, yakni Paul Finsen Mayor dan Jhon Carles Imbiri untuk masuk dalam kepengurusan DPP PA GMNI dibawah kepemimpinan Ketua Umum Prof Dr Arif Hidayat SH, MS dan Sekretaris Jenderal DPP PA GMNI Dr Abby Yuhana, SH, MH Periode 2021-2026.

Paul Finsen Mayor sendiri diberikan kepercayaan untuk mengisi jabatan di kompartemen sebagai Ketua Bidang Politik, Pemerintahan dan luar Negeri, sementara  Jhon Carles Imbiri diberikan kepercayaan untuk mengisi jabatan di kompartemen sebagai Wakil Ketua Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa DPP PA GMNI.

Pelantikan dan Pengukuhan pengurus DPP PA GMNI itu sendiri dihadiri secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo, Presiden ke-5, Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Dalam kegiatan itu, dilantik juga sejumlah tokoh nasional yang menjadi pengurus di DPP PA GMNI periode 2021-2026 diantaranya, Ketua Dewan Kehormatan Dr (Hc) Ir Siswono Yudho Husodo; Ketua Dewan Ideologi Guntur Soekarno Putra; Ketua Dewan Pertimbangan Dr Soekarwo S.H, M.Hum., yang juga anggota Wantimpres RI dan Ketua Dewan Pakar Dr Ahmad Basarah S.H, MH yang juga Wakil Ketua MPR RI.

“Bagi kami di Papua Barat, ini adalah sebuah sejarah dimana kepemimpinan saya sebagai ketua DPD dan Yeskiel Sentuf sebagai sekretaris PA GMNI Papua Barat, kami telah merekomendasikan dua anak Papua terbaik untuk masuk di kepengurusan pusat mewakili Papua Barat,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Provinsi Papua Barat Yosep Titirlolobi.

“Mereka berdua sendiri adalah Alumni GMNI asal Tanah Papua yaitu Mananwir Paul Finsen Mayor ( PFM ) sendiri adalah Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat dan Jhon Carles Imbiri sendiri adalah Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Papua Barat,” sambung Yosep.

Dijelaskan Yosep, Paul Finsen Mayor sebagai ketua DAP telah banyak memperjuangkan hak-hak masyarakat adat yang mendiami wilayah Papua Barat dan sudah pasti memiliki sepak terjangnya yang tidak perlu diragukan lagi

“Otomatis dan sangat wajar kalau beliau dipromosikan ke tingkat nasional dengan mendapat jabatan yang sangat bergengsi yakni Ketua Kompartemen Bidang Politik, Pemerintahan dan Luar Negeri DPP PA GMNI. Beliau sudah layak disejajarkan dengan Para tokoh muda nasional dan kebanggaan masyarakat adat Papua,” kata Yosep.

Menurut Yosep, PA GMNI adalah organisasi yang menjadi wadah berkumpulnya para alumni GMNI dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Alumni GMNI selalu menjadi garda terdepan dan agresif dalam berbicara tentang persatuan nasional. Tak saja menjaga Indonesia secara naratif di ruang-ruang terbatas, Alumni GMNI juga bertindak secara aktif dan atraktif.

Pelantikan dan pengukuhan yang menggunakan protokol kesehatan ini telah diikuti oleh 1000 pengurus dari berbagai provinsi, yang meliputi Dewan Pengurus Pusat, Kompartemen, Badan Otonom, Dewan Ideologi, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, Dewan Pertimbangan dan juga DPD dan DPC PA GMNI dari berbagai daerah.

Turut diundang juga pimpinan lembaga negara, kementerian, pimpinan partai politik, pimpinan alumni Kelompok Cipayung, para alumni GMNI.

Dalam pengukuhan PA GMNI turut diluncurkan portal PA GMNI yang terdiri dari website pagmni.or.id; kanal media sosial twitter @KabarPAGMNI, instagram kabar_pagmni, facebook KabarPAGmni; dan kanal Marhaen TV serta pemberian kartu anggota kepada dua alumni GMNI yaitu Guntur Soekarnoputra dan Casytha Arriwi Kathmandu.*AZS

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button