Terkini

Paket Longboat di Sorsel Terindikasi Korupsi LBH Gerimis Dukung Pihak Kepolisian

Kapabar – Direktur Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Papua Optimis (LBH Gerimis) Papua Barat Yoseph Titirlolobi mendukung penuh Polres Sorong Selatan dalam mengungkap kasus dugaan tindak pidana korupsi di Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan.

Yoseph mengatakan kasus dugaan tindak pidana Korupsi di Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan ini sebenarnya sudah cukup lama tercium. Dimana lanjut Yoseph, dalan kasus ini terdapat paket pengadaan tranportasi sungai berupa long boat dan mesin 15 PK, oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan tahun 2019 yang bersumber dari DAK afirmasi dengan jumlah miliaran rupiah.

Dikatakan Yoseph lagi, long boat dan mesin 15 PK yang selama ini menjadi program oleh dinas perhubungan itu tidak pernah berada dan terlihat di Pelabuhan Sorong Selatan

“Kami mendapatkan informasi bahwa penyidik unit tipikor sudah melayangkan panggilan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan berinisial MK untuk meminta dokumen atas pengadaan long boat dan mesin 15 PK ini. Pihak penyidik juga harus mengecek surat kontrak pengadaan, DPA Dinas Perhubungan Tahun 2019, surat permintaan pembayaran, surat penyediaan dana, surat perintah membayar, laporan hasil membayar, ceklis penerbitan SP2O, surat keterangan pengajuan, dokumen tagihan pembayaran dan laporan Pengadaan. Dengan demikian kita bisa tau, long boat ini fiktif atau disembunyikan,” beber Yoseph.

Yoseph merasa, penyidik juga harus berani untuk menelusuri dimana long boat itu berada, karena menurut informasi, diduga long boat-long boat ini telah disembunyikan di salah satu kampung di Kabupaten Raja Ampat.

Di luar proses pengungkapan tadi, adanya panggilan dari pihak kepolisian dengan Nomor B/301/XI/2021/ Reskrim dan Surat Perintah Penyelidikan nomor SP-Lidik/152/X/2021 ini menurut Yoseph menandakan bahwa penegakan hukum betul-betul ditegakkan di Sorong Selatan tanpa memandang status jabatan seseorang.

“Kami berharap penyidik Polres Sorong Selatan bisa mengungkap secepatnya siapa dalang dari dugaan tindak pidana korupsi paket pengadaan long boat dan mesin 15 PK di Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan yang bersumber dari DAK afirmasi ini. Dengan dua alat bukti, saya yakin tersangkanya bisa segera ditetapkan,” harap Yoseph optimis.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds