Terkini

Sambut Hari Statistik Nasional, BPS Kota Sorong Gelar Workshop untuk Jurnalis

Kapabar – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong menggelar workshop bagi insan pers. Workshop yang berlangsung di Kriyad Hotel itu, Rabu (22/9) digelar BPS Kota Sorong dalam rangka menyambut hari Statistik Nasional 2021, yang jatuh pada tanggal 26 September.

Kepala BPS kota Sorong, Ir. Merry, M.P dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Workshop wartawan itu merupakan salah satu agenda BPS yang sangat penting, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman jurnalis terkait data dan kegiatan statistik.

“Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kita semua, untuk semakin baik dan lebih mendalam terhadap data-data strategis yang dihasilkan oleh BPS. Sehingga ke depan, data-data tersebut dapat dipahami dan dimanfaatkan secara baik oleh pengguna data,”jelas Merry.

Dikatakan Merry, sebagai badan yang memiliki tupoksi dalam menyediakan data statistik resmi untuk pemerintah, BPS setiap tahunnya selalu mengumpulkan data untuk diolah, dianalisis, dan dirilis kepada publik.

BPS juga menurutnya menghasilkan data inflasi yang setiap bulan kami rilis. “Selain menghasilkan data inflasi, BPS juga menghasilkan data kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi wilayah, angka-angka ini selalu ditunggu oleh pemerintah kota. Jika angkanya bagus, mungkin pemerintah juga akan senang tetapi jika angkanya kurang bagus mungkin ada program-program yang perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi terhadap sasaran-sasaran yang dicapai,“ jelas Merry.

Dikatakan Merry, wartawan mempunyai peran penting dalam mengolah informasi yang akan diberitakan kepada masyarakat secara berimbang dan sesuai fakta.

“Kami sangat menyambut baik, apabila bapak ibu ingin mengonfirmasi isu-isu terkait dengan data yang ada, sehingga masyarakat atau publik akan makin memperoleh edukasi yang baik mengenai peran data dan bagaimana data itu dimaknai secara benar,” ujar Merry.

Merry juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada wartawan, atas dukungan dan kerjasama yang terjalin selama ini dalam menyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS, termasuk data-data yang sudah dipublikasikan oleh BPS.

“Kedepan, kami tetap mengharapkan kolaborasi yang baik antara wartawan dengan kami di BPS untuk meliput, dan menyajikan data dengan fakta yang berimbang terutama yang terkait dengan indikator dan data statistik yang dihasilkan oleh BPS, “terang Merry.

Merry menambahkan bahwa BPS kota Sorong berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan publik melalui penyajian data yang berkualitas, sebagai bagian dari implementasi zona integritas institusi BPS kota Sorong menuju satuan kerja Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)*Ist

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds